Selasa, 07 Agustus 2007

Start financial planning untuk calon pengantin




Dear Keluarga SSR Klub ku di mana berada,

Merhaba! Salam dari Istanbul, Turkey!

Sering kali seorang cewek menjelma menjadi "bridezilla" ketika menyiapkan segala sesuatu yg berhubungan dgn merencanakan pernikahannya. Mulai dari merencanakan tempat resepsi, baju, kue, makanan, cincin, dsb..dsb..

Yaa ngga salah juga sih, krn mungkin merencanakan pernikahan itu menjadi impian semua anak cewek sedari kecil. Dan memang seru sekali sih segala persiapan pesta pernikahan itu. Tapi sering kali yg terlupakan adalah: What happends after the honeymoon is over? Tentu kita akan kembali ke realita hidup yang mungkin akan menjadi lebih njelimet karena sekarang ada "sparring partner" yg harus diperhitungkan segala pendapatnya.

Membicarakan tentang rencana finansial bersama dengan pasangan mungkin adalah topik yg PALING dihindari ketika masih pacaran. Emang sih MALES BANGET ngga siih?? Ya alasan standard: masalah keuangan itu hal yg sensitif. Of course! Tapi sooner or later you HAVE to face it & you will HAVE to have the conversation. Menurut saya sih lebih baik saya tau SEBELUM married daripada terkejut saat SUDAH terlanjur married.

Kalo saya, tidak sekaligus menanyakan hal2 di bawah ini, namun dibuat menjadi diskusi biasa saja. Malah pernah saya jadiin seperti game. Saya belajar banyak sekali tentang pasangan saya & visinya tentang masa depan. Kalo jawabannya masih belepotan, bagaimana sebagai seorang cewek mau menggantungkan hidup sama seorang cowok yg ngga pasti tentang masa depannya? It makes you THINK LONG AND HARD BEFORE you say "yes i do". Jangan sampe udah terlanjur married dan baru ketauan deh "belang"nya... Uh-oohh!! Oooppss!

Things to discuss with your partner BEFORE you get married:

Sebelumnya:
Angpao pernikahan akan kita apakan?
Apakah kita punya utang yg perlu dilunasi?
Apakah kita akan memberikan sebagian utk ortu?
Apakah yg akan kita lakukan dengan sisa angpao pernikahan?

Kamu punya tabungan atau asset berapa?
Kamu punya utang tidak?
Berapa banyak?
Bagaimana kamu mau melunasi utang tersebut?

1. Apakah kita akan punya joint account? Utk apa saja joint account itu dipergunakan?
2. Berapa gaji bersih kamu? Gimana kamu atur gaji? Diserahkan semua ke pasangan atau
berapa persen yg akan diserahkan ke pasangan?
3. Apakah kita perlu support anggota keluarga? Siapa saja? Berapa yg kamu akan kasih ke
orang tersebut? Sampai kapan?
4. Di mana kita akan tinggal? Kalo masih tinggal sama mertua: kita perlu nyumbang apa atau
berapa utk keperluan sehari=hari?
5. Kalo suatu saat kita akan pindah, apakah kita akan ambil KPR? Beli langsung? Cicil?
Ngontrak? Di mana?
6. Apakah kita akan punya anak? Berapa? Kapan? Di mana kita akan melahirkan? Berapa biaya
melahirkan? Apakah saya masih boleh kerja ketika punya anak? If not, apa kita sudah mantap
secara finansial?
7. Utk pendidikan anak kita, kita mau dia sekolah di mana saja kira-kira? Berapa biaya
pendidikan nanti? (inget inflasi b0w)
8. Kita akan mengambil rencana investasi seperti apa? Reksadana? Emas? Properti? Saham?
Unit link? What do you understand about investment?9. Kita perlu asuransi apa saja dan mau
ambil di mana kira2?

Mungkin masih banyak pertanyaan yang bisa ditanyakan ke pasangan. Tapi kurang lebih pertanyaan di atas dapat dijadikan bahan pembicaraan dengan pasangan. Pertanyaan di atas memang sensitif tuk dijawab seorang pria, tapi it sure gives assurance to the lady! Mendingan menjaga perasaan pacar atau menjaga diri sendiri?? Kalo saya sih mendingan jaga diri sendiri dong...

Hal2 di atas juga akan menjadi dasar pengantin baru utk menata kehidupan finansial secara bersama. Sebelumnya gaji habis buat diri sendiri, eh sekarang utk berdua atau malah mau langsung coba punya anak... Trus mau berinvestasi skrang harus dibicarain dulu sama pasangan karena uang tidak hanya milik pribadi melainkan bersama.

Jangan lupa, bagi seorang cewe, penting banget kita mengerti kondisi keuangan keluarga. Jangan semua diserahkan ke suami. Tentu insya Allah kita akan selalu langgeng sehidup semati til death do us part, tapi kalo Allah berkehendak lain, kita sebagai manusia harus siap lho. Dan sebagai seorang cewek, kita PERLU BANGET punya tabungan pribadi. Walau tak banyak yg penting punya. We never know what will happen in the future. Amit2 kalo sampe ditinggal suami, kita punya pegangan sendiri agar tak sampai kelabakan. Just remember: MELEK FINANSIAL bagi semua cewek!!

Financial planning itu sebenernya tidak sulit kok. Tapi lebih awal kita memahaminya, lebih baik. Utk anda & keluarga & utk masa depan yg lebih baik.

Mohon maaf bila ada kesalahan pada tulisan saya. Juga mohon maaf bila ada yg tersinggung. Bila ada kesalahan, mohon saya dikoreksi yaa.. Saya ini BUKAN finansial planner.TIDAK bekerja di bank atau asuransi. Bahkan BUKAN lulusan ekonomi. Just an ordinary house wife and a mother of a wonderful 2 yr old boy. Kebetulan suka banget banget membaca dan belajar tentang finansial planning. Ohya, saya juga cinta damai, jadi kalo ada salah-salah pada tulisan saya ini boleh bgt dikritik TAPI via japri dong aahh.

DO NOT BADGER IN PUBLIC, i bet yo mama taught u to better critique a lady in private. *smile* Peace y'all!!


Cheers from Istanbul.

Dian Hadinoto
deeoz55@yahoo.com

Tidak ada komentar:

test

Mediakomp Infosolution »
SALES SERVICE SPARE PART MAINTENANCE KOMPUTER
IT SOLUTION

Label

Arsip Blog

Mengenai Saya

well i try to be nice guy .......

links



banner angingmammiri




http://ketawa.com/ http://kolom-tutorial.blogspot.com/ http://anangku.blogspot.com/ http://free-7a.blogspot.com/ http://bekastapimulusss.blogspot.com/